Google Drive
( Update 5 Agustus 2022 )
Surat Edaran terkait Google Workspace
surat-google
Sehubungan dengan issue GAFE( Google Apps for Education ) terkait pembatasan kapasitas Google Drive yang berasal dari media sosial dan bukan berasal dari Channel / Kanal Resmi Universitas / Edaran Rektor/WR / Humas UGM / DSSDI UGM, dengan ini kami informasikan bahwa :
- Benar akan dilakukan pembatasan terhadap kapasitas Google Drive
- Kapasitas maksimal akan diumumkan kemudian via Channel / Kanal Resmi Universitas
- Pembatasan berlaku untuk SEMUA akun @ugm, @mail.ugm
- Segera mungkin backup file penunjang aktivitas akademik / administratif yang anda miliki di google drive
- Hapus semua file ber hak cipta dan tidak berhubungan dengan kegiatan akademik / administratif ( sampai pengumuman ini dibuat, laporan dari Google terhadap kebiasaan menyimpan file .mp4 / film / video ber copyright tanpa proses administrasi yang sah, masih terjadi, khusus nya di akun @mail.ugm.ac.id )
https://dssdi.ugm.ac.id/google-drive - Semua layanan terkait cloud adalah bersifat terbatas, baik itu Google Drive, One Drive dan lain lain, sesuai dengan kontrak dan ketentuan yang berlaku dari penyedia layanan.
- Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang anda gunakan untuk backup, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemilik akun
SIMASTER
[su_spoiler title=”Saya adalah mahasiswa baru, bagaimana caranya mengaktifkan akun SIMASTER saya ?”]Silahkan membuka tautan https://simaster.ugm.ac.id, kemudian ikuti petunjuk yang ada.[/su_spoiler][su_spoiler title=”Ketika pertama kali login, muncul tampilan ‘Change your Password’. Itu artinya apa?”]Artinya, Anda diminta untuk mengubah password default(standar) yang diperoleh saat registrasi dengan password yang baru.
‘New password must have at least 8 characters and contain uppercase, lowercase and digit.’, artinya : Password baru harus memiliki minimal 8 karakter dan mengandung huruf besar, huruf kecil dan angka
‘Current password:’, adalah password lama Anda(yang diperoleh saat registrasi).
‘New password:’, isikan dengan password baru Anda.
‘Re-type new password:’, ulangi penulisan password baru sebelumnya. [/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Setelah mengubah password saya, muncul tulisan ‘Google Apps – Invalid Email’
‘Invalid Email – We are unable to process your request at this time, please try again later.’ ?, Apa yang terjadi dengan email saya?”]Email Anda sudah aktif, tapi butuh waktu 1×24 jam untuk bisa digunakan. Silahkan besok dicoba lagi.[/su_spoiler]
BLOG
[su_spoiler title=”Bagaimana caranya mengaktifkan blog saya ?”]Silahkan membuka http://web.ugm.ac.id untuk membaca petunjuknya.
[/su_spoiler]
Petunjuk lain-lain (Non MABA)
[su_spoiler title=”Saya pengguna speedy yang terhubung ke VLAN UGM, kalau ada masalah koneksi, kemana saya harus menghubungi ?”]Anda dapat menghubungi (kontak) ke helpdesk telkom corporate, melalui telp bebas pulsa telkom yaitu 08001835566. Sehingga anda akan mendapat penjelasan untuk mendapatkan solusi. Sebagai catatan apabila ada teknisi telkom (speedy) yang datang untuk melakukan pengecekan ataupun setting, perlu disampaikan bahawa koneksi ini menggunakan VLAN UGM . Apabila anda ingin bergabung informasi ada di halaman ini.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Saya mahasiswa UGM, bagaimana cara untuk mendapakan email UGM ?”]Email ugm dengan domain @mail.ugm.ac.id diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang Diploma sampai S3. Mulai tahun 2012 email untuk mahasiswa Diploma dan S1, secara otomatis telah tergenerate dan anda tinggal melakukan aktivasi melalui halaman http://mail.ugm.ac.id/wmail/?a=faktivasi
Untuk mahasiswa pasca sarjana masih secara manual dengan terlebih dahulu melakukan registrasi melalui halamanhttp://mail.ugm.ac.id/wmail/?a=emailatau dengan mengikuti prosedur layanan email di halaman ini [/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Bagaimana cara mengakses Jurnal Online yang dilanggan UGM ?”]Jurnal online dapat diakses oleh mahasiswa UGM dan dosen menggunakan user id email ugm anda, sebagai contoh user : andi.s@mail.ugm.ac.id dan password mail ugm anda melalui halaman http://ezproxy.ugm.ac.id yang dapat diakses dari jaringan internet.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Selain untuk akses jurnal online, apa yang dapat saya gunakan dengan email UGM ?”]PSDI UGM telah menerapkan metode single Sign On (Single ID) yaitu dengan user email ugm dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi (layanan) yang ada antara lain yaitu :
mengakses wifi di lingkungan UGM yang menggunakan SSID UGM Hotspot
mengakses jurnal online
mengakses acadstaf (acadstaff.ugm.ac.id) bagi dosen ugm
Akses (memiliki) blog diblog.ugm.ac.id
dan beberapa aplikasi lain
[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Saya Sudah berhasil login akses jurnal ugm menggunakan akun email ugm saya, tetapi mengapa saya masih menjumpai jurnal yang berbayar (harus login) untuk mengaksesnya ?”]Tidak semua jurnal tersebut dapat diakses secara langsung, untuk lebih jelasnya anda dapat menghubungi pihak perpustakaan pusat UGM atau dengan mengakses website http://lib.ugm.ac.id[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Dimana saya dapat mengakses wifi dengan user id email UGM ?”]Di lingkungan kampus UGM, dan didapatkan sinyal wifi dengan SSID UGM HotSpot. Lihat daftar lokasi di halaman ini[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Saya mahasiswa UGM apakah saya bisa memiliki website (webhosting) dengan pengaturan melalui cpanel ?”]Mahasiswa ugm yang telah memiliki email ugm secara default dapat menggunakan blog (blog.ugm.ac.id) berbasis WordPress (WPMU). Penggunaan website untuk mahasiswa dengan domain namaanda.web.ugm.ac.id dengan pengaturan melalui cpanel (webhosting) hanya diperuntukan apabila ada tugas dari dosen yang menghendaki pemakaian webhosting yang akan diinstal aplikasi tersendiri.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”UGM melakukan kerjasama email dengan Google, apakah saya harus menggunakannya?”]Tidak, itu salah satu pilihan layanan yang ditawarkan. Tidak ada keharusan untuk menggunakan. User tetap ditanya kesediaan ketika pertama kali ketika mau menggunakan (http://ugmail.ugm.ac.id).[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Apakah UGM memiliki email server sendiri?”]Ya, UGM tetap memiliki email server di kampus (bisa diakses melalui http://webmail.ugm.ac.id ). Bisa juga diakses menggunakan email client di desktop (outlook, thunderbird, dll) maupun handphone.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Kenapa UGM mengelola dua sistem email?”]Untuk memberikan opsi pilihan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna. Google mempunyai anti-spam yg lebih baik, aplikasi yang lebih lengkap (Google Drive, Calendar, Hangout, dll). Yang tidak kalah penting adalah untuk backup/redundansi data, karena ada sinkronisasi email antara UGM dan Google.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Bagaimana mengenai isu privacy dan ownership data?”]Dalam term & condition Google Apps for Education (GAE) dijelaskan bahwa data milik UGM, tidak dilakukan data mining untuk iklan.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Apakah dilakukan scan isi email oleh Google?”]Seperti halnya server di UGM, teknologi Gmail akan melakukan scanning thd isi email untuk anti spam. Seperti poin diatas, tidak dilakukan scanning isi email untuk keperluan iklan di GAE UGM.
Saya sudah membaca penjelasan diatas, tapi tetap tidak nyaman dengan layanan email berbasis Google. Pun, kalau user tetap merasa tidak nyaman dengan hal itu, pengguna di UGM punya pilihan untuk opt-out (tidak menggunakan layanan Google). Kontak psdi@ugm.ac.id untuk hal ini.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Apakah server email di UGM melakukan scan terhadap isi email?”]Ya, server email di UGM juga melakukan scan isi email untuk anti spamnya.[/su_spoiler]